Es Serut Patbingsu - FoodShípǔ

Es Serut Patbingsu

Share This

Cuaca terik nan panas paling seger kalau minum yang dingin-dingin. Pernah dengar Patbingsu, sebuah minuman ala korea?? Mungkin kalau orang Indonesia tidak asing dengan yang namanya Es Serut, Es Buah, atau Es Campur. Nah kalau Patbingsu ini bisa dibilang varian dari es serut ala korea; dimana selain buah, di es serut ini ada bingsu nya alias kacang merah korea (azuki bean). Patbingsu itu sendiri berasal dari kata Pat yang berarti red bean atau kacang merah, dan Bingsu yang berarti es serut.

Selain Patbingsu, di Korea sana ada banyak macam jenis bingsu-bingsu lainnya, misal Gwailbingsu atau Fruit Bingsu yang merupakan es serut buah segar, Nokchabingsu atau es serut green tea, Coffebingsu alias es serut kopi, dan bingsu-bingsu lainnya.

Untuk kali ini akan dibagi resep patbingu es serut kacang merah.

Bahan-bahan Isi Kacang Merah :
  • Red bean (azuki bean) 200 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Vanila 1 sendok teh
  • Air 1000 mili liter
  • Gula pasir 150 gram
Bahan Membuat Tteok ( Rice Cake/Kue Beras) :
  • Tepung ketan 100 gram
  • Air panas 80 mili liter
  • Air untuk merebus
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Gula halus 1 sendok makan
  • Ekstra tepung ketan (digunakan untuk taburan)
  • Gula halus (digunakan untuk taburan)
Bahan-bahan Es Serut Patbingsu :
  • Es serut secukupnya (bisa menggunakan es batu yang diblender halus)
  • Susu kental manis secukupnya
  • Aneka buah segar sesuai selera seperti strawberry, mangga, apel dll (potong-potong) atau buah kalengan sesuai selera
  • Almond slice sangrai atau corn flakes sesuai selera (optional)

Cara Membuat Isian Kacang Merah :
  1. Langkah awal cuci bersih kacang merah (azuki bean), kemudian masukkan ke dalam panci dan rebus dengan air 1 liter dengan menggunakan api sedang hingga mendidih. Tutup panci lalu kecilkan apinya.
  2. Selanjutnya rebus kacang sampai empuk dan mudah hancur kalau ditekan. Masak terus hingga airnya berkurang tetapi jangan sampai air habis total seperti layaknya bubur kacang dengan kuah sedikit saja.
  3. Setelah itu masukkan gula pasir dan garam. Masak kembali sambil diaduk-aduk sampai mengental.
  4. Tambahkan vanilla. Dinginkan lalu simpan ke dalam lemari es.
Cara Membuat Bingsu Tteok (kue beras untuk bingsu) :
  1. Pertama-tama campur tepung ketan, garam dan gula halus dalam wadah. Tuangi air panas mendidih sedikit demi sedikitsambil diaduk dengan sendok.
  2. Selanjutnya aduk dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis atau tidak lengket. Jika adonan dirasa masih kering boleh ditambahkan air sedikit, namun bila dibuatnya terlalu lembek boleh ditambahkan sedikit tepung ketan.
  3. Setelah itu gilas adonan dengan menggunakan rolling pin atau botol di atas permukaan yang sebelumnya sudah ditaburi sedikit tepung ketan, potong-potong dengan ukuran kurang lebih 1×1 centi meter.
  4. Kemudian rebus adonan dalam air mendidih hingga adonan mengapung. Angkat dan rendam adonan dalam air biasa hingga dingin. Tiriskan, lalu gulingkan adonan ke dalam tepung ketan yang dicampur dengan sedikit gula halus yang bertujuan agar kue beras tidak lengket dengan satu lainnya. Sisihkan.
Cara Penyajian Resep Patbingsu :
  1. Silahkan siapkan mangkuk atau gelas saji, kemudian beri es serut dan susu kental manis sesuai selera.
  2. Selanjutnya tambahkan potongan buah, isi kacang merah lalu tambahkan tteok (kue beras), kacang almond slice sangrai, corn flakes dan lain-lain sesuai selera.
  3. Patbingsu segar siap dinikmati selagi dingin.

Selain buah cherry, untuk buah yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera ya. Misalnya seperti strawberry, longan/kelengkeng, anggur, melon, kiwi, mangga, pepaya dan buah lainnya. Silahkan masukan aneka buah segar atau buah kaleng pilihan yang anda suka. Tak ada batasan untuk mengkreasikan isi dari resep patbingsu ini, asalkan jangan merubah isian kacang merah dan kue beras korea nya. Karena kedua bahan tersebut merupakan ciri khas dari hidangan patbingsu alias es campurnya Korea.


Sumber resep: Resep Hari Ini

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages